Hitstat

30 November 2015

Ibrani - Minggu 28 Senin



Pembacaan Alkitab: Ibr. 13:1-3


Surat Ibrani kelihatannya tidak menyinggung masalah gereja, tetapi pada dasarnya, surat ini mutlak ditujukan kepada gereja, sebab gereja adalah perwujudan dan perampungan sempurna ekonomi Allah. Dalam Ibrani 2 kita nampak jelas bahwa Kristus yang bangkit beserta sifat insani-Nya yang ditinggikan adalah bagi gereja. Menurut Ibrani 2:12, setelah kebangkitan‑Nya, Kristus kembali lagi kepada saudara‑saudara‑Nya, dan Ia bernyanyi memuji‑muji Bapa di tengah‑tengah gereja. Dalam ayat ini gereja disinggung dengan jelas dan pasti. Dengan ini kita nampak Surat Ibrani bukan hanya membicarakan Kristus, ia pun membicarakan gereja.

Sekarang kita mencapai berita dalam pasal 13. Walaupun istilah gereja tidak terdapat dalam pasal ini, tetapi seluruh pasal ini membicarakan hidup gereja (church life). Pengalaman atas Kristus (ayat 8‑15) dan sepuluh kebajikan praktis (ayat 1‑7, 16‑19) yang dibahas di sini, adalah untuk gereja. Hampir semua hal yang dinyatakan dalam ayat 1‑7 dan ayat 16‑19, seperti kasih persaudaraan dan memberi tumpangan, adalah untuk hidup gereja, bukan hanya untuk kehidupan kristiani. Jika kita menginginkan hidup gereja yang wajar, kita perlu memiliki kesepuluh kebajikan ini. Baiklah sekarang kita melihatnya satu per satu.

Ayat 1 mengatakan, "Peliharalah kasih persaudaraan!" Tak seorang pun dapat mengatakan bahwa kasih persaudaraan bukan ditujukan untuk hidup gereja. Jika kita tidak berada dalam hidup gereja, tentu kita tak perlu kasih persaudaraan; kita akan terpisah jauh satu sama lain, tidak perlu saling mengasihi. Namun, karena kita telah dikumpulkan bersama, maka kita perlu memelihara kasih persaudaraan.

Satu Korintus 13:13 mengatakan, "Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan, dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih." Menurut ayat ini, kasih merupakan kebajikan yang paling besar, juga menjadi jalan yang lebih utama (I Kor. 12:31). Jalan yang lebih utama bukan karunia atau ajaran, melainkan kasih. Kasih adalah ekspresi hayat (1 Kor. 13:1). Kasih boleh dikatakan adalah bentuk lain dari ekspresi hayat. Dalam I Korintus; 8:1 Paulus berkata, "Pengetahuan... membuat orang menjadi sombong, tetapi kasih membangun." Kalau kita ingin dibangun bersama, kita perlu memiliki kasih persaudaraan.

Ayat 2 ‑ "Jangan kamu lalai memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat dernikian beberapa orang tanpa diketahuinya telah menjamu malaikat‑malaikat." Betapa pentingnya pemberian tumpangan dalam hidup gereja dalam pemulihan Tuhan hari ini. Tak seorang pun dapat menilai betapa banyaknya pemberian tumpangan itu telah membangun kesaksian Tuhan sejak adanya pemulihan Tuhan di Amerika Serikat. Pemberian tumpangan benar‑benar berguna dalam pembinaan gereja. Hal ini mendatangkan banyak darah baru ke dalam persekutuan Tubuh. Kita benar‑benar bersyukur kepada Tuhan karenanya! Roma 12:13 menyuruh kita berusaha untuk selalu memberikan tumpangan, dan dalam 1 Timotius 3:2, Titus 1:8, dan 1 Petrus 4:9, kita juga diperingatkan untuk rela memberikan tumpangan kepada orang. Kasih persaudaraan ini hendaknya dipelihara di antara kita, dan juga jangan lupa memberikan tumpangan kepada orang.

Ayat 3 ‑ "Ingatlah orang‑orang hukuman, karena kamu sendiri juga adalah orang‑orang hukuman. Ingatlah juga orang‑orang yang diperlakukan sewenang‑wenang, karena kamu sendiri juga masih hidup di dunia ini." Tidak perlu diragukan bahwa mengingat anggota yang menderita pasti untuk hidup gereja. Bila kita ingat akan anggota yang menderita, berarti kita hidup di dalam Tubuh, dan mempunyai perasaan Tubuh. Jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita (1 Kor. 12:26). Inilah kehidupan Tubuh. Sebab itu, ingat akan anggota yang menderita ialah fungsi dalam Tubuh dan dalam hidup gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Ibrani, Buku 4, Berita 55

No comments: