Hitstat

04 July 2015

Ibrani - Minggu 6 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Ibr. 2:11-13


Seperti telah kita lihat, gereja tersusun dari saudara-­saudara Putra sulung Allah dalam kebangkitan (2:12). Karena itu, gereja juga adalah teman sekutu (mitra) Kristus yang korporat. Ketika tiba pada 3:14, kita akan membahas lebih lanjut tentang mitra ini. Sementara ini, kita cukup mengingat bahwa gereja adalah (mitra) sekutu Kristus yang korporat.

Dalam gereja, Putra sulung Allah memberitakan nama Bapa kepada saudara‑saudara‑Nya. Karena Bapa adalah sumber hayat dan sifat, maka memberitakan nama Bapa berarti menunjukkan sumber hayat dan sifat kepada saudara‑saudara‑Nya. Orang‑orang Yahudi pada zaman dulu mengenal Allah, namun mereka tidak mengenal Bapa. Mereka mengenal Allah sebagai Pencipta, namun tidak menge­nal Bapa yang melahirkan. Mereka hanya mengetahui kuasa penciptaan Allah, tidak mengetahui kemampuan‑Nya mela­hirkan. Mereka tahu kuat kuasa Allah, tetapi tidak tahu hayat Bapa. Bahkan murid‑murid Yesus sendiri, sebelum kebangkitan, tidak mengenal hayat dan kuasa melahirkan dari Bapa. Sebelum kebangkitan, mereka hanya mengetahui apa yang diketahui orang‑orang Yahudi. Kemudian pada hari kebangkitan, Tuhan datang kepada mereka dan memberitakan Bapa, agar mereka mengenal Bapa sebagai sumber hayat.

Setelah memberitakan nama Bapa, Putra Ialu memuji-­muji Bapa di tengah‑tengah gereja. Bagaimanakah cara Ia memuji? Ia memuji‑muji Bapa di dalam saudara‑saudara‑Nya. Karena Ia ada di dalam kita, Ia pun memuji‑muji Bapa di dalam puji‑puji­an kita. Puji‑pujian‑Nya ada di dalam puji‑pujian kita. Ke­tika kita memuji, Ia juga memuji karena Ia ada di dalam pujian kita. Ketika kita memuji Bapa dari dalam roh kita, Ia pun bersama kita memuji dari dalam roh kita. Alangkah indahnya! Hari ini, gereja di bumi merupakan Tubuh kor­porat Putra sulung Allah. Dalam sidang gereja, Putra su­lung Allah memuji‑muji Bapa. Bila kita datang ke sidang gereja, kita harus membuka mulut kita memuji‑muji Bapa. Kalau kita berbuat demikian, berarti kita bekerja sa­ma dengan Putra sulung Allah yang tinggal di dalam kita. Apakah Anda ingin memperoleh Putra sulung itu lebih banyak? Kalau ingin, Anda harus banyak memuji Bapa. Le­bih banyak kita memuji Bapa, lebih banyak kita memperoleh Putra sulung Allah. Lebih banyak kita memuji, lebih ba­nyak Ia memuji di dalam pujian kita. Kerja sama yang terbaik dengan Kristus adalah memuji‑muji Bapa. Menurut pengalaman kita, banyak di antara kita dapat bersaksi demikian. Di beberapa sidang gereja, kita telah mempraktekkan hal ini, yaitu banyak memuji‑muji Bapa, dan itulah saatnya kita banyak menikmati Kristus. Bahkan sangat terasa betapa Ia memuji‑muji di dalam pujian kita.

Kristus telah memperkenalkan Bapa sebagai sumber hayat. Sekarang dalam setiap sidang gereja Ia sedang menantikan kesempatan untuk bekerja sama dengan kita da­lam hal memuji‑muji Bapa. Cara terbaik bagi kita untuk memberikan kesempatan kerja sama tersebut ialah mem­buka roh kita dan memuji‑muji Bapa. Semakin banyak kita memuji, semakin banyak pula kita menikmati pujian‑Nya. Sewaktu kita memuji Bapa, kita pun menikmati Kristus. Kita bersatu dengan Kristus dalam memuji Bapa dalam sidang gereja. Semakin banyak kita memuji Bapa di dalam sidang, semakin banyak Dia memuji Bapa di dalam pujian kita, dan semakin banyak pula kita menikmati dan mem­peroleh Dia.

Gereja tersusun dari putra‑putra Allah yang sekaligus sebagai saudara‑saudara Kristus dalam kebangkitan. Gereja adalah mitra korporat Kristus, Putra sulung Allah, bersa­ma‑sama mengambil bagian dalam hayat, sifat, dan apa adanya Bapa. Dalam gereja, Bapa dipuji oleh Putra sulung­Nya di dalam putra‑putra‑Nya. Inilah gereja. Kini kita te­lah memahami mengenai putra‑putra, saudara‑saudara, dan gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Ibrani, Buku 1, Berita 12

No comments: