Hitstat

04 February 2015

2 Tesalonika - Minggu 2 Rabu



Pembacaan Alkitab: 2 Tes. 2:6-12


Dalam ayat 7 Paulus melanjutkan, "Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan." Kedurhakaan yang menjadi ciri-ciri Antikristus sedang bekerja secara rahasia dalam zaman ini. Inilah rahasia kedurhakaan yang sekarang sedang bekerja di tengah-tengah bangsa-bangsa dan dalam masyarakat manusia. Bahkan kini terdapat kecenderungan meningkatnya kedurhakaan.

Menurut kedaulatan Allah, "kalau yang sekarang menahannya itu telah disingkirkan", mungkin ini berarti faktor yang menahan itu disingkirkan. Walaupun rahasia kedurhakaan kini sudah bekerja, kedurhakaan itu saat ini tertahan, terbatas. Tetapi pada suatu hari, penahan ini akan disingkirkan. Kita perlu menyadari dari nubuat Alkitab bahwa pada suatu hari faktor penahan akan disingkirkan dan kemudian Antikristus akan tidak dibatasi.

Ayat 8 mengatakan, "Pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan napas mulut-Nya dan akan memusnahkannya dengan penampakan-Nya pada waktu kedatangan-Nya." Ayat ini menunjukkan bahwa kedatangan (parousia) Tuhan sebelum penyataan-Nya yang terbuka adalah tersembunyi. Ini juga menunjukkan bahwa kedatangan Tuhan akan berlangsung sejangka waktu. Pertama, akan berlangsung secara rahasia, kemudian, akan ternyata bagi umum.

Dalam ayat 9 Paulus berkata, "Kedatangan si pendurhaka itu adalah (menurut) pekerjaan Iblis, dan akan disertai berbagai perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mukjizat-mukjizat palsu." Penyebab begitu durhakanya Antikristus ialah ia berada di bawah pekerjaan Iblis. Karena motivasi Iblis, ia akan menjadi sangat berkuasa. Pekerjaan Iblis disertai dengan kekuasaan dan tanda-tanda serta mukjizat-mukjizat palsu. Seluruh pekerjaan Iblis untuk menyesatkan orang (ayat 9-10) adalah palsu, sama seperti dia adalah pendusta dan bapa dari pendusta (Yoh. 8:44).

Ayat 10 melanjutkan, "Dengan berbagai tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan tidak mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka." Sejumlah besar orang akan mengikuti Antikristus. Mereka akan menerima tipu dayanya, sebab mereka tidak menerima kasih akan kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka.

Kita semua harus jelas tentang kedatangan Tuhan dan tidak goyah atau gelisah oleh pengajaran-pengajaran aneh tentang hal tersebut. Hari ini ada orang mengajarkan bahwa orang Kristen tidak akan melalui kesusahan, tetapi akan terangkat sebelum kesusahan. Ajaran yang berlapis gula ini tidak tepat. Jangan mendengarkan ajaran demikian tentang kedatangan Tuhan dan berhimpunnya kita semua kepada-Nya. Meskipun firman dalam 2 Tesalonika 2:1-12 itu singkat, tetapi sangat sehat dan jelas. Agar lebih jelas, saya anjurkan Anda membaca Pelajaran-Hayat Matius dan Wahyu.

Kita tidak seharusnya hanya mengetahui kedatangan Tuhan. Kita perlu menempuh suatu kehidupan untuk memenuhi permintaan Tuhan agar kita dapat dianggap layak berada dalam anak laki-laki itu, atau termasuk di antara 144.000 orang itu, atau sebagai orang yang hidup-hidup terangkat menurut Matius 24. Kaum beriman yang berjaga-jaga dan bersiap sedia itu akan terangkat sebelum kesusahan. Namun mereka yang tidak berjaga-jaga dan bersiap-sedia akan melalui kesusahan.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Tesalonika, Buku 2, Berita 2

No comments: