Hitstat

05 February 2015

2 Tesalonika - Minggu 2 Kamis



Pembacaan Alkitab: 2 Tes. 2:1-5


Dalam berita yang lalu kita telah menunjukkan bahwa manusia durhaka, Antikristus, akan menyatakan diri di tengah-tengah akhir 70 minggu yang disebutkan dalam Daniel 9. Dalam berita ini saya ingin memberi perkataan lebih lanjut tentang 70 minggu dalam Daniel 9 yang berkenaan dengan perkataan koreksi Paulus dalam 2 Tesalonika 2:1-12.

Daniel 9:24 mengatakan, "Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus." Dalam ayat ini satu minggu sama dengan 7 tahun, sebab itu 70 minggu adalah 70 x 7 tahun atau 490 tahun. Daniel diberi tahu bahwa 70 minggu ini ditetapkan atas "bangsamu dan atas kotamu yang kudus". Ini berarti bahwa 70 minggu bersangkutan dengan bangsa dari Daniel, bani Israel, dan kota kudus Yerusalem. Ayat ini juga membicarakan tentang melenyapkan kefasikan, mengakhiri dosa, menghapuskan kesalahan, mendatangkan keadilan yang kekal, menggenapkan penglihatan dan nabi, dan mengurapi yang maha kudus. Jika kita membaca ayat ini dengan saksama, kita akan nampak bahwa ayat ini mengatakan tentang akhir zaman ini. Kedatangan keadilan yang kekal mengacu kepada milenium yaitu Kerajaan Seribu Tahun, di mana akan terdapat keadilan di bumi. Sebab itu satu ayat ini menunjukkan bahwa 70 minggu akan berlangsung sampai pada akhir zaman ini dan akan mendatangkan Kerajaan Seribu Tahun.

Daniel 9:25 mengatakan, "Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang (jalan-jalan) dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan." Tujuh kali tujuh masa dalam ayat ini menunjukkan 49 tahun. Jika Anda mempelajari Kitab Ezra dan Nehemia, Anda akan nampak bahwa dari saat raja Persia memerintahkan membangun kembali Yerusalem hingga bangunan ini selesai adalah 49 tahun. Ayat 25 membicarakan pula satu periode 62 minggu. Ini sama dengan 434 tahun. 7 minggu ditambah 62 minggu sama dengan 483 tahun. Sekarang tinggal minggu terakhir, satu periode 7 tahun untuk masa kemudian. 49 tahun pertama dihitung dari perintah pembangunan kembali Yerusalem sampai pada penyempurnaan pembangunan. 434 tahun berlangsung dari pembangunan Yerusalem sampai pada Mesias Sang Raja. Bagian terakhir ayat 25 mengatakan, "Kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang (jalan-jalan) dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan." Ini menunjuk kepada pembangunan yang terjadi di antara 7 minggu yang pertama yaitu di antara periode pertama yang terdiri dari 49 tahun.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Tesalonika, Buku 2, Berita 3

No comments: