Hitstat

20 October 2014

Kolose - Minggu 30 Senin



Pembacaan Alkitab: Kol. 3:1-4


Posisi kita ialah di dalam Kristus. Karena kita di dalam Dia, maka kita ada di tempat Dia berada, di sebelah kanan Allah (3:1). Dalam Yohanes 17:24, Tuhan Yesus berdoa, “Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku.” Berada di tempat Tuhan Yesus berada bukanlah satu masalah geografis. Tuhan berada di dalam Bapa, dan Dia berdoa agar murid-murid yang belum berada dalam Bapa dapat dimasukkan ke dalam-Nya. Karena itu Tuhan berdoa agar mereka berada di tempat Dia berada.

Mengenal bahwa posisi kita tidak saja di dalam Kristus, tetapi juga di dalam Bapa, adalah satu hal yang penting sekali. Dalam Injil Yohanes kita diberi tahu dengan jelas bahwa Putra berada di dalam Bapa (10:38; 14:10). Ini berarti posisi Putra ialah di dalam Bapa. Karena posisi kita hari ini berada dalam Putra, dalam Kristus, maka kita pun berada di dalam Bapa. Sudah pasti Bapa berada di surga. Jadi, kita pun ada di surga. Tetapi dalam membicarakan hal ini, kita mempunyai pengertian yang berbeda dari pengertian kebanyakan orang Kristen. Sering kali ketika orang-orang Kristen mengatakan mereka akan berada di surga, maksud mereka ialah mereka akan berada di surga di luar Bapa. Tetapi ketika kita mengatakan kita berada di surga, berarti kita akan berada di surga di dalam Bapa. Di sini terdapat perbedaan yang besar. Kita berada di dalam Kristus, di dalam Bapa, dan karena itu kita berada di surga.

Jika kita berhenti di sini, kita hanya mempunyai pengertian yang doktrinal tentang posisi kita bersama Kristus. Kita hanya mengetahui fakta bahwa kita ada di dalam Kristus, di dalam Bapa, dan di dalam surga. Yang membuat hal ini menjadi riil ialah kita menjadi satu roh dengan Tuhan (1 Kor. 6:17). Jika kita berada di dalam roh barulah kita berada di dalam Kristus, di dalam Bapa, dan di dalam surga secara riil dan dalam pengalaman.

Dalam Kolose 3:1 Paulus berkata bahwa jika kita telah bangkit bersama Kristus, kita harus mencari hal-hal yang di atas. Ayat ini menunjukkan dengan jelas bahwa kita mempunyai satu posisi dengan Kristus. Bagaimana kita dapat mencari hal-hal yang di atas jika kita tidak berada di atas? Untuk mencari hal-hal yang di atas haruslah kita berada di surga di mana hal-hal itu berada.

Dalam Kolose 3:1 Paulus menganjuri kita untuk mencari hal-hal yang di atas. Cara untuk mencari hal-hal ini ialah berpaling ke dalam roh dan berseru kepada nama Tuhan. Pengalaman kita memberi tahu kita dengan jelas bahwa bila kita berpaling ke roh, kita akan menjamah surga, sebab roh kita merupakan ujung penerimaan dari transmisi ilahi, sedangkan takhta Allah di surga adalah ujung transmisi itu. Jadi, melalui berpaling ke dalam roh, kita terangkat ke dalam surga. Kemudian dalam pengalaman kita, kita berada di dalam Kristus, di dalam Bapa, dan di surga. Di dalam roh, kita satu posisi dengan Kristus, mencari halhal yang di atas.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 3, Berita 59

No comments: