Hitstat

22 April 2008

Markus Volume 3 - Minggu 2 Rabu

Menerima Rawatan Tuhan melalui Firman-Nya
Yohanes 6:63
Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Ayat Bacaan: Mrk. 6:30-44; Kol. 2:9; 1 Kor. 15:45; Yoh. 6:63; Yer. 15:16; Flp. 1:20

Sebagai Gembala, Kristus merawat kita, domba-domba-Nya dengan firman-Nya. Alkitab mewahyukan kepada kita bahwa kepenuhan ke-Allahan berwujud di dalam Kristus (Kol. 2:9). Ini berarti semua kekayaan yang Allah miliki dan apa adanya Allah terwujud di dalam Kristus. Kemudian melalui kematian dan kebangkitan, Kristus menjadi Roh pemberi hayat (1 Kor. 15:45b). Di manakah kita dapat menemukan Roh itu? Hari ini, Roh itu telah berbaur di dalam roh kelahiran kembali kita. Dan Roh itu juga terwujud di dalam perkataan-perkataan Allah - firman Allah (Yoh. 6:63).
Karena itu, untuk menerima rawatan Tuhan, dengan hanya memahami firman saja tidaklah cukup. Kita terlebih harus memakannya. Yeremia 15:16 mengatakan, “Apabila aku bertemu dengan perkataan perkataan-Mu maka aku memakannya (menikmatinya, LAI).” Matius 4:4 juga mengatakan, “Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Alkitab tidak saja berguna untuk dibaca dan dipelajari, tetapi lebih daripada itu Alkitab teristimewa berguna untuk dimakan. Oh, kita perlu makan firman Allah!
Ketika kita membaca firman, kita harus membaurkan pembacaan kita dengan doa. Seperti kita melatih mata dan pikiran kita, kita pun harus melatih roh kita untuk menjamah Roh itu. Kemudian semua yang ada dalam firman akan menjadi suplai yang limpah lengkap dari Roh itu di dalam pengalaman kita. Jika kita membaurkan pembacaan Alkitab kita dengan doa, sekalipun hanya sepuluh menit, kita akan menerima perawatan.
Di satu pihak, makanan (lahiriah) yang kita makan tiap hari merawat kita; di pihak lain, makanan itu juga mengandung unsur-unsur yang dapat membunuh kuman-kuman dalam tubuh kita. Demikian pula, melalui membaurkan pembacaan firman dengan doa, kita akan mengalami perawatan dan pengakhiran hal-hal negatif dalam batin kita. Karena itu, hari demi hari kita harus datang kepada sumber yang benar, yakni datang kepada firman kudus-Nya untuk memakan dan menyerap kekayaan Kristus. Bila kita dengan tekun melakukannya, tidak saja batin kita mendapatkan rawatan, hidup kita pun akan menampilkan Kristus (Flp. 1:20).

No comments: